Pengertian Input dan Output
a) Pengertian Input
Input adalah semua data dan perintah yang dimasukkan ke dalam memori
komputer untuk selanjutnya diproses lebih lanjut oleh prosesor. Sebuah
perangkat input adalah komponen piranti keras yang memungkinkan user
atau pengguna memasukkan data ke dalam komputer, atau bisa juga disebut
sebagai unit luar yang digunakan untuk memasukkan data dari luar ke
dalam mikroprosesor.
b) Pengertian Output
Output adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang dapat
digunakan. Artinya komputer memproses data-data yang diinputkan menjadi
sebuah informasi. Yang disebut sebagai perangkat output adalah semua
komponen piranti keras yang menyampaikan informasi kepada orang-orang
yang menggunakannya.
Ada
komponen komponen dasara dasar pada grafik komputer yang perlu kita
ketahui, nah berikut adalah Komponen Dasar Sistem Grafik Interaktif :
1. Device input
Dalam
pengertiannya adalah perangkat yang berfungsi sebagai unit masukan/
unit input, atau bisa dibilang alat yang menerima data masuk untuk di
proses di dalam komputer.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
a. Keyboard
Keyboard
merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data
dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka,
karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan
perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan
membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin
ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun
1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan
Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY,
pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO
(International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini
berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa
jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
• Contoh dari alat input jenis keyboard :
1. Point Of Sale Terminal
Biasanya
digunakan di supermarket. Alat ini terdiri dari keyboard, display
(monitor) dan alat cetak (printer). Alat ini merupakan perkembangan dari
cash register, namun dapat dihubungkan dengan computer. Alat ini dapat
digunakan untuk pengendalian persediaan. Alat tambahannya antara lain :
OCR tag reader serta barcode wand
2. Visual Display Terminal
Merupakan alat input langsung, yang terdiri dari keyboard dan visual display (monitor)
3. Point Of Sale Terminal
Biasanya
digunakan di supermarket. Alat ini terdiri dari keyboard, display
(monitor) dan alat cetak (printer). Alat ini merupakan perkembangan dari
cash register, namun dapat dihubungkan dengan computer. Alat ini dapat
digunakan untuk pengendalian persediaan. Alat tambahannya antara lain :
OCR tag reader serta barcode wand
4. Visual Display Terminal
Merupakan alat input langsung, yang terdiri dari keyboard dan visual display (monitor)
•Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Keyboard
yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini
mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian
yaitu :
1. typewriter key
2. numeric key
3. function key
4. special function key.
1. Typewriter Key
Tombol
ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama dengan tuts
pada mesin tik yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya sebagaimana
berikut :
• Back Space
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 character di kiri cursor
• Caps Lock
Bila
tombol ini ditekan, maka lampu indikator caps lock akan menyala, hal
ini menunjukkan bahwa huruf yang diketik akan menjadi huruf besar atau
Kapital, bila lampu indicator caps lock mati, maka huruf akan menjadi
kecil.
• Delete
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi cursor
• Esc
Tombol ini berfungsi untuk membatalkan suatu perintah dari suatu menu.
• End
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor ke akhir baris/halaman/lembar kerja
• Enter
Tombol ini berfungsi untuk berpindah ke baris baru atau untuk melakukan suatu proses perintah.
• Home
Untuk menuju ke awal baris atau ke sudut kiri atas layar
• Insert
Tombol ini berfungsi untuk menyisipkan character.
• Page Up
Tombol ini berfungsi untuk meggerakan cursor 1 layar ke atas
• Page Down
Tombol ini berfungsi untuk Menggerakkan cursor 1 layar ke bawah
• Tab
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor 1 tabulasi ke kanan.
2. Numeric Key
Tombol
ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini terdiri atas angka
dan arrow key. Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini
berfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator num lock mati maka tombol
ini berfungsi sebagai arrow key.
3. Function Key
Tombol ini
terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini ini terdiri dari F1
s/d F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer
yang digunakan.
4. Special Function Key
Tombol ini terdiri atas
tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan mempunyai fungsi bila ditekan
secara bersamaan dengan tombol lainnya. Misalnya, untuk memblok menekan
bersamaan tombol shift dan arrow key, untuk menggerakan kursor menekan
bersamaan ctrl dan arrow key.
b. Mouse
Mouse adalah salah unit
masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan
pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah
praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan
secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical
User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini
dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau
pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya
hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat
ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana
letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri
disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila
mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada
objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan.
Selain itu terdapat
pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan
tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini
akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan
kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat
dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan
tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right
click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2,
usb dan wireless
c. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat
kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan
jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain
touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick
dan trackball.
d. Light Pen
Light pen adalah pointer
elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan
screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan
sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor
bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
e. Joy Stick dan Games Paddle
Alat
ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya
berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau
persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan
mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
f. Barcode
Barcode
termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk
membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal
vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode
ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat
elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau
pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya
dengan barcode.
g. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang
dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang
kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer
selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner
ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy
hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat
ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat
melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali
baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk
gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar
jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan
lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK
(Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan
jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat
mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah
scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi
dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau
menyalin objek dalam bentuk teks.
Saat ini telah dikembangkan
scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja
mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer,
biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR
lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat
menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat
menggunakan kertas biasa.
Merupakan alat input yang bekerja dengan cara meraba secara elektronik input yang akan dibaca. Jenis alat input model scanner :
1. Magnetik Ink Chraracter Recognition
Bentuk
pertama dari scanner adalah alat pembaca pengenal karakter tinta
magnetic ata Magnetik ink character recognition. Banyak digunakan di
dalam bank untuk menangani transaksi cek.
2. Optical Data Reader
Optical
data reader mempunyai kemampuan untuk membaca data langsung dari kertas
biasa tanpa pita magnetic khusus. Alat ini terdiri dari :
a. Optical Character Recognition (OCR)
OCR
dapat membaca dokumen yang ditulis tangan dengan kecepatan 120 karakter
per sekon. Beberapa OCR malah dapat mengenali karakter walau 80 %
karakter tidak jelas. OCR dapat langsung memindah tulisan tanpa harus
yang berupa font OCR langsung ke computer dan dapat lansung dihubungkan
ke aplikasi Ms. Word atau Ms. Excel
h. Kamera Digital
Perkembangan
teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input
dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas
gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin
gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital
ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat
membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan
film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera
digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file,
kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital
yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari
jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang
dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
i. Mikropon dan Headphone
Unit
masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan
disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan
mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang
yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya
memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input
suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.
j. Graphics Pads
Teknologi
Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah,
mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads
ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor.
Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan
jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan
tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane
sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah
yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua,
menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa
menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar
pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
•SENSOR
Sensor
merupakan alat yang mampu secara langsung menangkap data kejadian
fisik.Data analog dikumpulkan oleh alat sensor dan dimasukan ke pengubah
analog-to-digital converter yang berikutnya akan diproses oleh
computer.
Contoh alat input yang bekerja berdasarkan sensor :
1. Mata Di Komputer
Pesawat
ruang angkasa mempunyai beberapa sensor yang mengumpulkan data di
planet-planet tersebut.Komputer di ruang angkasa mengirimkan bayangan
yang ditangkap kamera dalam bentuk sinyal digital yang dipancarkan ke
bumi stasiun di bumi menangkap sinyal tersebut dan meneruskannya ke
computer di Jet Propulsion Laboratory di California.
2. Digitizing Camera
Alat
ini memungkinkan untuk menangkap gambar seperti misalnya
foto,dokumen,obyek tiga dimensi yang akan ditampilkan kelayar computer
untuk diproses lebih lanjut.
3. Voice Recognizer
Disebut speech
recognizer membuat computer mengerti omongan manusia.alat ini
menggunakan microphone untuk menangkap secara input.
2. Proses device
Yaitu alat yang digunakan untuk memproses data dalam komputer. Proses/progress dan Penyimpanan .
3. Keluaran/output : layar, printer berbasis kertas, perekam video, non-linear
editor, dll.
UNIT PENGELUARAN (Output device)
Pengertian
output (keluaran) yaitu hasil dari suatu proses, baik berupa data
maupun berbentuk informasi yang telah diolah. Hasil dari energi yang
diolah dan diklarisifikasikan menjadi keluaran yang berguna dan sisa
pembuangan. Keluaran dapat merupakan masukan (input) untuk subsistem
yang lain. Misalnya untuk sistem komputer, panas yang dihasilkan adalah
keluaran yang tidak berguna dan merupakan hasil pembuangan, sedangkan
informasi adalah keluaran yang dibutuhkan.
Merupakan aktifitas
menerima data dari hasil pengolahan pada bagian pemroses. Jika terdapat
data pada aktifitas output ini, berarti pemroses menyerahkan tugas
selanjutnya kepada bagian ini. Tentu saja pada bagian ini diperlukan
juga peralatan yang bekerja, dimana peralatan tersebut disebut dengan
output device. Jika kita kembali ke analogi manusia, output device ini
contohnya adalah tangan, dimana tangan berfungsi untuk menuliskan
informasi yang dimintai oleh otak. Pada komputer contoh output device
ini adalah printer (pencetak). Ketika data output dari pemroses
diterimanya maka printer akan melaksanakan tugas yang diterima dari
pemroses tadi. Output yang dihasilkan dari pengolahan dapat digolongkan
ke dalam 3 macam bentuk (huruf, kata, angka, grafik, Gambar, suara).
Dibutuhkan alat khusus (alat keluaran dapat berbentuk hard copy dan soft
copy).
a.Monitor
Monitor mempunyai banyak tipe di antaranya :
- Cathode-ray Tube (CRT) monitor yang berteknologi seperti televisi.
-
Flat-panel Monitor (LCD) Sebuah teknologi layar digital yang
menghasilkan citra pada sebuah permukaan yang rata (flat) dengan memberi
sinar pada kristal cair dan filter berwarna, yang mempunyai struktur
molekul polar, diapit antara dua elektroda yang transparan. Bila medan
listrik diberikan, molekul menyesuaikan posisinya pada medan, membentuk
susunan kristalin yang mempolarisasi cahaya yang melaluinya.
- Gas Plasma Monitor (plasma display) mengandung jutaan pixel.
- E-books (untuk membaca buku)
- Data projectors (untuk membuat sebuah presentasi)
- High-definition television (HDTV) home theatre-TV
Fitur : – Resolution = dinyatakan sebagai pixel-pixel matrik (picture elements)
Beberapa macam standar resolusi sebuah monitor :
- SVGA (Super Video Graphics Array) 800×600 pixels
- XGA (Extended Graphics Array) 1024×768 pixels
- SXGA (Super Extended Graphics Array) 1280×1024 pixels
- UXGA (Ultra Extended Graphics Array) 1600×1200 pixels
- Dot pitch = berupa jarak antara pixel
- Refresh rate = waktu yang diperlukan sebuah layar monitor untuk menggambar tiap detik.
- Size (viewable size) = ditentukan dengan panjang diagonal suatu area tempat monitor mengamati.
b.Printer
Printer
berfungsi untuk mencetak output yang dikeluarkan oleh Process Device.
Secara garis besar, printer terbagi atas 3 bagian, yaitu :
- Printer Dot Matrix
- Printer Inkjet
- Printer Laser Jet
c.Plotter
Plotter
secara prinsip memiliki fungsi yang sama dengan printer. Yang
membedakan secara umum adalah ukuran dan peruntukan dari plotter
tersebut. Plotter mampu mencetak pada kertas dengan ukuran A0, dan
biasanya digunakan untuk mencetak peta dan gambar ukuran besar lainnya.
Plotter
juga mengalami perkembangan yang cukup pesat, yang dimulai hanya dengan
menggunakan pena sebagai alat cetak, hingga saat ini telah menggunakan
inkjet dan bubuk tinta (Laserjet)
d.Speaker
Fungsi speaker
pada komputer sama dengan fungsi speaker pada perangkat audio sistem.
Yang membedakan secara garis besar hanyalah pada ukurannya. Speaker pada
komputer dibuat seefisien mungkin agar tidak terlalu memerlukan banyak
tempat. Namun pada pengguna tertentu terkadang menghubungkan output
sound mereka pada perangkat speaker lainnya untuk lebih memberikan
kepuasan yang lebih.
Masih banyak lagi output Device yang sering
digunakan pada komputer, utamanya pada sistem khusus yang diatur oleh
komputer (Misalnya pengontrol robot, dan lain-lain).
Alat Input - Output
Alat Input
Yaitu sejumlah komponen atau alat yang digunakan user untuk memasukkan
data ke dalam komputer untuk diproses lebih lanjut agar menghasilkan
informasi yang dibutuhkan.
Beberapa contoh alat input antara lain :
Alat Output
Peralatan output adalah peralatan yang digunakan untuk membawa data keluar komputer atau juga untuk memindahkan data dari komputer ke perangkat lainnya. Berdasarkan bentuk outputnya, unit output terdiri dari :
Hardcopy device, alat yang digunakan untuk mencetak output ( misal: tulisan, angka, karakter dan simbol-simbol ) serta image ( grafik dan gambar ) pada media hard ( keras ) seperti kertas dan film. Contoh : Printer.
Softcopy device, alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan ( kata, angka, karakter dan simbol-simbol ) serta image ( grafik dan gambar ) ke dalam sinyal elektronik. Contoh : Monitor, Alpha Numerik Display, Projector dan Speaker.
Drive device, berupa alat yang digunakan untuk merekam atau menyimpan hasil output dapam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin, dan juga berfungsi sebagai alat output maupun alat input. Contoh : Flashdisk, Harddisk, Disket dan CD.
Mekanisme Kerja Sistem I/O
0 komentar:
Posting Komentar